Keputihan Pada Wanita


Keputihan Wanita adalah suatu masalah gangguan kesehatan yang hampir dialami semua wanita. Keputihan dapat dikatakan sesuatu yang normal bagi wanita. Keputihan atau Fluor Albus adalah kondisi dimana Miss V mengeluarkan suatu cairan dalam keadaan lebih.

Gejala Keputihan berdasarkan sifatnya :

Keputihan bersifat normal yaitu keluarnya cairan tersebut dalam kondisi jernih, sedikit, tidak menimbulkan bau tak sedap dan tidak disertai rasa gatal pada Miss V. Keputihan ini biasa terjadi pada masa ovulasi, bisa sebelum menstruasi ataupun sesudah menstruasi.

Keputihan tidak normal yaitu keluarnya cairan dalam jumlah banyak atau berlebihan dengan kondisi cairan tersebut berwarna kuning hingga kehijauan (masing-masing orang ada yang berbeda), menimbulkan bau tak sedap / busuk dan dapat menimbulkan rasa gatal yang hebat pada Miss V.

Faktor Penyebab Keputihan :

  • Jamur
Candida albicans merupakan jamur yang dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan rasa gatal pada daerah kewanitaan. Jamur ini dapat tumbuh karena beberapa faktor, diantaranya penggunaan pil KB, antibiotik, steroid, kehamilan, daya tahan tubuh rendah, diabetes dan lain-lain
  • Bakteri
Bakteri gardnerella merupakan bakteri yang menyebabkan Keputihan, dan Keputihannya biasa disebut bacterial vaginosis dengan memiliki ciri-ciri cairannya bersifat encer dengan memiliki warna putih keabu-abuan dan berbau amis. Bakteri ini dapat muncul akibat beberapa faktor, diantaranya sering berganti pasangan, penggunaan alat KB, kehamilan dan lain- lain.
  • Virus
Virus disini biasanya merupakan bawaan dari suatu penyakit yang diderita seseoran seperti HIV/AIDS, herpes, condyloma dan sebagainya yang mampu memicu terjadinya kanker rahim. Virus herpes dapat ditularkan melalui  hubungan seksual dengan gejala ada luka melepuh pada sekeliling Miss V dengan disrtai rasa gatal dan terasa panas. Untuk virus condyloma memiliki ciri-ciri dengan munculnya kutil tubuh dan mengeluarkan cairan yang tidak sedap / bau. Virus jenis ini biasa menyerang pada ibu hamil.
  • Parasit
Parasit trichomonas vaginalis adalah penyebab Keputihan yang menular karena kontak seks / hubungan seks dengan cairan yang berwarna kuning hijau kental yang mengeluarkan bau tidak sedap / busuk dan cairan tersebut berbusa yang terkadang disertai rasa gatal dan dapat menimbulkan iritasi. Parasit ini dapat ditularkan melalui kebiasaan hidup sehari-hari, seperti tukar-menukar peralatan mandi, menduduki kloset yang terkontaminasi dan lain-lain yang berhubungan dengan kontak fisik.

Mencegah Keputihan :

  1. Selalu merawat daerah kewanitaan agar selalu dalam keadaan bersih.
  2. Meminimalisir dalam menggunakan sabun antiseptik yang dapat berakibat terganggunya keseimbangan PH organ kewanitaan.
  3. Teratur dalam mengganti pembalut.
  4. Cermat dalam memilih jenis dan bahan pakain dalam, yaitu tidak terlalu ketat dan  mampu menyerap keringat.
  5. Menghindari kegiatan yang dapat menimbulkan  infeksi seperti berganti-ganti pasangan seksual.
  6. Menggunakan Crystal X
Jika Keputihan tidak segera ditangani dikhawatirkan dapat menimbulkan infeksi yang dapat merembet kerongga rahim kemudian kesaluran telur dan sampai keindung telur pada akhirnya pada rongga panggul. Untuk Keputihan yang kronik (bertahun-tahun) dapat membahayakan wanita, yaitu dapat menimbulkan kemandulan.

0 Response to "Keputihan Pada Wanita"

Posting Komentar