5 Asupan Penting Bagi Kesehatan Wanita


nutrisi penting bagi kesehatan wanita
Suplemen atau makanan bergizi tentu memiliki manfaat kesehatan untuk membangun tubuh, dengan cara memenuhi segala yang dibutuhkan sistem agar berjalan dengan sempurna. Mengapa nutrisi lebih banyak di perlukan oleh tubuh wanita jika dibandingkan dengan pria?, Seperti yang kita ketahui pada tubuh wanita banyak mengalami beberapa proses, seperti menstruasi, hamil dan menyusui.

Karena beberapa kondisi seperti di atas yang selalu dialami oleh seluruh wanita di dunia, tentunya kebutuhan nutrisi dan suplemen kesehatan pasti berbeda dengan yang diperlukan kaum pria. Dalam posting kali ini, caratik mencoba berbagi sebuah artikel tentang lima suplemen kunci kesehatan utama yang kebanyakan di perlukan kaum wanita, agar mendapatkan keuntungan dari kecukupan nutrisi.


Namun, Manfaat dari 5 nutrisi utama tidak saja membawa dampak baik untuk perempuan, begitu juga dengan laki-laki akan mendapatkan manfaat besar dari asupan bergizi ini. Dalam artikel ini kami bukan berniat menggantikan pakar nutrisi profesional, tetapi kebetulan sependapat dengan lima manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh makanan sehat juga memiliki peran penting bagi tubuh.

 Jika anda penasaran ingin mengetahui lima nutrisi utama penting untuk kesehatan wanita , Caratik pikir itu adalah pengingat yang baik bagi kesehatan kita semua. Tentang apa yang mungkin kita merasa kekurangan atau sesuatu yang harus ditingkatkan konsumsi-nya, dan mengapa Nutrisi itu penting untuk melengkapi sistem tubuh. Silakan simak dengan rinci hingga akhir artikel seperti di bawah ini.


5 NUTRISI UTAMA UNTUK KESEHATAN WANITA

Sesuai dengan topik kali ini, peran nutrisi utama yang paling diperlukan oleh kaum wanita adalah Vitamin dan mineral seperti Vitamin B, vitamin D, mineral kalsium (Ca), magnesium (Mg) dan Asam Lemak Omega – 3 . Tentang uraian vitamin dan mineral utama untuk wanita sebagai berikut:


Vitamin B


Vitamin B sangat diperlukan untuk mendapat kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin B ini cukup penting dalam membantu meningkatkan mood dan meningkatkan energi terutama wanita yang sedang menstruasi, dan untuk alasan ini adalah yang terbaik jika suplemen atau nutrisi yang kaya vitamin B di konsumsi di waktu pagi hari .



Beberapa sumber makanan kaya vitamin B termasuk sayuran berdaun hijau dan daging . Jika seseorang kekurangan vitamin B , mereka yang utamanya kaum perempuan mungkin mulai merasa tertekan , lelah atau mood yang turun saat menstruasi. Dengan cara memenuhi kebutuhan tubuh dengan vitamin B ini, mereka akan memberikan energi untuk hari  Anda lebih bersemangat tanpa mengganggu tidur.


Mineral Magnesium (Mg)

Fungsi mineral Magnesium (mg) ini penting dalam membantu mengatur neurotransmiter dan mendukung kesehatan mental. Karena berbagai alasan yang sering di hadapi wanita terutama pada masa datang bualan atau menstruasi, beberapa dokter dan ahli nutrisi bahkan meresepkan suplemen magnesium bagi mereka yang menderita insomnia.

Para pakar gizi dan dokter menyatakan fungsi dan manfaat mineral Magnesium (Mg) juga terbukti berguna dalam mengatasi masalah suasana hati yang sering merasa cemas. Bagi orang yang memiliki masalah kejang otot atau nyeri-nyeri otot, zat magnesium sangat baik membantu untuk mengendurkan otot-otot . Mineral ini dapat di ambil dari suplemen juga terdapat pada bahan makanan seperti. Buah Pisang, kacang kacangan,biji bijian,ikan, almond,kacang mete, bayam, sayuran berdaun hijau gelap dan buah alpukat.


Mineral Kalsium (Ca)

Kalsium (Ca) memiliki peran penting untuk kesehatan tulang dan kepadatan-nya.Wanita sangat disarankan banyak mendapatkan mineral kalsium pada tubuhnya. Ini terutama bagi wanita yang sedang menyusui, kalsium dapat berkurang bahkan cepat habis cadangan mineral ini dari tubuh, saat ibu sedang menyusui bayi. Oleh karena alasan inilah kalsium menjadi mineral utama yang disarankan untuk kebanyakan wanita dan orang yang ada masalah dengan tulang keropos.

Untuk melengkapi kebutuhan kalsium dan cadangan dalam tubuh, banyak orang memperoleh cukup kalsium dari beberapa sumber makanan. Mineral ini bisa didapat dari suplemen dan beberapa bahan makanan yang memiliki tinggi kadar Calcium (Ca), Susu bukan satu-satunya sumber mineral ini. Sayuran berdaun hijau bahkan memiliki kadar kalsium melebihi susu sapi, seperti sayur bayam, Daun kelor dan daun katuk, Sumber kalsium dari makanan lain termasuk biji wijen (lebih banyak dari kalsium susu ) ,  yoghurt dan Almond. Kalsium penting untuk membangun kesehatan tulang . Jika melengkapi dengan kalsium , pastikan Anda membeli bentuk kalsium sitrat karena terbaik memberikan mineral untuk tubuh.


Vitamin D

Fungsi Vitamin D bagi wanita memiliki peran utama dan bisa dikatakan penting, manfaat vitamin ini untuk permpuan begitu besar sekali, Vitamin D juga Membantu Pembentukan dan Pemeliharaan Tulang seperti fungsi mineral kalsium. Tetapi yang harus di perhatikan adalah, bahwa wanita yang telah mengalami Menopause ( berhenti Menstruasi) lebih cenderung mudah naik berat badan. Nah dengan kecukupan vitamin D pada tubuh masalah kelebihan berat badan bagi perempuan Menopause dapat di cegah.

Selain dari fungsi di atas manfaat Vitamin D bagi ibu yang menyusui juga sangat baik, Kadar vitamin D yang cukup dalam tubuh wanita dapat Mengurangi Resiko penyakit Diabetes Tipe 1 untuk balita atau Anak-anak yang masih mendapat ASI. Selain itu vitamin D juga meningkatkan Kekebalan Tubuh, membasmi bakteri dan Virus dalam tubuh.  Manfaat Lain Vitamin D bagi kaum hawa termasuk untuk menjaga kesehatan kulit dan menghambat beberapa penyakit kanker usus besar, payudara, servik dan peningkatan risiko serangan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari Vitamin D, kita bisa memperoleh dari suplemen, beberapa makanan yang memiliki kadar tinggi vitamin ini. Vitamin D juga bisa di dapat dengan cara mudah dan murah dari matahari, ini karena negara kita cukup dengan sinar matahari sepanjang tahun. Beberapa makanan yang kaya kandungan vitamin D termasuk Susu, jamur, kedelai dan produk keturunan-nya (tempe,tahu susu kedelai dll), udang,tiram, ikan tuna,ikan salmon dan keju.


Asam Lemak Omega – 3

Lemak cenderung di takuti wanita, ini karena lemak sering dikaitkan dengan peningkatan berat badan. Tetapi tunggu dulu, di sini yang dibahas adalah asam lemak omega – 3  yang sangat menyehatkan. Anda Jangan khawatir , jika asam lemak omega 3 membuat Anda gemuk, senyawa ini terbukti baik menurunkan kadar trigliserida dan membantu mengurangi peradangan.

Menurut beberapa hasil survey wanita cenderung mudah mengalami gangguan mental termasuk stress dan mood yang kurang baik jika dibandingkan dengan laki-laki. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena Fungsi dari omega 3 dapat mengatasi beberapa masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental. Ini karena otak kita terdiri dari sebagian besar lemak , jadi omega 3 sangat mendukung kesehatan otak juga.

Omega-3 dapat di peroleh dalam bentuk suplemen kapsul atau minyak ikan dan beberapa sumber makanan sehat yang tinggi kadar omega 3 seperti Kedelai dan produk keturunannya (Tempe,tahu,susu kedelai dll), biji rami, minyak zaitun asli, buah alpukat, ikan tuna,ikan Salmon,belut,lele, kacang kenari sayur bayam, kembang kol dan sayuran berdaun hijau lainnya.

TIPS :

Untuk mendapat manfaat kesehatan seperti di atas, jika dalam bentuk Suplemen seperti Vitamin D, Vitamin B, mineral Kalsium, magnesium dan Omega 3, sebaiknya cara dan dosisi yang tepat untuk harian anda harus berkonsultasi dengan dokter atau pakar Nutrisi profesional. Ini karena beberapa suplemen mungkin tidak tepat dengan faktor kesehatan anda.

0 Response to "5 Asupan Penting Bagi Kesehatan Wanita"

Posting Komentar